1. Transaksi Perbankan
Menjaga kepentingan Anda
- Jangan menandatangani blanko formulir kosong. Pastikan Anda telah memahami setiap informasi yang
perlu dilengkapi sebelum menandatangani setiap blanko formulir transaksi.
- Pastikan Anda telah mengetahui dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku untuk setiap produk
dan layanan OVO yang ditawarkan.
2. Lindungi Diri Anda dari Pengambilalihan Nomor Ponsel (SIM
Swap)
Lindungi Diri Anda dari Pengambilalihan Nomor Ponsel (SIM Swap). SIM Swap adalah penggantian SIM
card ponsel melalui operator seluler secara ilegal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dengan
tujuan memperoleh akses transaksi OVO Anda seperti menerima OTP (One-Time Password) atas suatu
transaksi online yang tidak Anda lakukan.
Berikut Tips untuk Menghindari SIM Swap:
- Segera hubungi operator seluler Anda ketika layanan komunikasi melalui ponsel tidak berfungsi,
seperti tidak melakukan / menerima panggilan maupun SMS.
- Segera hubungi Call Center OVO 1500 696 jika menemukan indikasi / memperoleh informasi bahwa Anda
menjadi korban SIM Swap.
- Tidak mempublikasikan nomor ponsel di media sosial atau gunakanlah nomor ponsel yang berbeda untuk
aktivitas perbankan Anda.
- Berhati-hatilah saat Anda memberikan data pribadi (tanggal lahir, nomor ponsel) kepada pihak lain.
3. Pengkinian data pengguna
Pastikan akurasi informasi pribadi Anda
Informasikan kepada OVO setiap kali terjadi perubahan data pribadi Anda dilengkapi dengan dokumen
pendukung yang diperlukan. Data-data tersebut termasuk namun tidak terbatas pada:
1. Alamat email
2. Nomor telepon & nomor telepon genggam
3. Nomor dan masa berlaku identitas (KTP)
4. Nomor NPWP
4. Security Code
Tips menjaga Security Code Anda
- Ingatlah Security Code Anda dan hindari mencatat nomor Security Code Anda.
- Hindari penggunaan nomor-nomor yang mudah ditebak orang lain sebagai nomor Security Code Anda
seperti tanggal lahir, nomor telepon, dsb.
- Jangan beritahukan Security Code Anda kepada orang lain, termasuk kepada seseorang yang mengaku
dari pihak OVO atau pihak yang berwajib.
- Ganti Security Code secara berkala.
- Pastikan tidak ada orang yang melihat Anda memasukkan Security Code Anda.
5. Keluhan
Jika Anda membutuhkan bantuan agen kami, silahkan hubungi:
Call Center: 1500 696
Email: [email protected]
6. Identifikasi Fraud (Email)
Hati-hati dengan Phishing
Email phishing terlihat seakan-akan berasal dari perusahaan yang sah. Mereka memperingatkan Anda
tentang adanya masalah yang harus cepat diselesaikan mengenai akun Anda dan memancing Anda untuk
mengklik link yang menghubungkan Anda kepada situs yang palsu. Ingatlah bahwa perusahaan yang sah
tidak akan meminta informasi pribadi Anda melalui email.
Tanda-tanda lain yang mengindikasikan email penipuan:
- Adanya sapaan yang umum seperti "Dear user" dan/atau informasi lain yang tidak ditujukan secara
khusus untuk Anda di dalam isi email tersebut.
- Gambar logo perusahaan yang terlihat aneh (terdistorsi atau terlalu melebar ke samping).
- Link di email tidak sesuai dengan URL dari situs yang sah.
- Terdapat lampiran yang dapat meluncurkan virus atau spyware di komputer Anda.
7. Identifikasi Fraud (Website)
Phishing Websites, Email penipuan (phishing) dapat mengarahkan Anda ke situs yang sangat meyakinkan.
Perhatikan tanda-tanda berikut ini:
- Situs mengancam akan menutup akun Anda jika Anda tidak memverifikasi informasi pribadi Anda.
- Website mengeluarkan pesan error dan meminta anda untuk log in.
- URL tidak benar. Contohnya. Anda melihat www.ovo.com dan bukan alamat yang benar yaitu
www.ovo.id.
- URL bisa juga berisi angka (seperti alamat IP) atau tanda "@".
- Lokasi ikon gembok tidak berada pada tempat yang seharusnya. Ikon tersebut harusnya ada di status
bar di sebelah kanan bawah dan bukan di dalam halaman situs.
- Jika Anda double-click ikon kunci, Anda menerima peringatan bahwa alamat website tidak sesuai
dengan security certificate.
- Gambar logo terdistorsi atau tampak terlalu melebar ke samping, yang menunjukkan bahwa logo
tersebut telah disalin.
- Terdapat kesalahan tata bahasa dan pengejaan. Jika terdapat nomor telepon pada situs palsu
tersebut, nomor tersebut tidak sesuai dengan nomor telepon pada akun Anda.
- Anda tidak dapat terhubung dengan home page dari website yang palsu.
8. Identifikasi Fraud (Telepon)
Mengenal penipuan melalui telepon:
Jangan pernah memberikan informasi pribadi melalui telepon kecuali Andalah yang melakukan panggilan.
Berhati-hatilah atas hal-hal di bawah ini:
- Pesan otomatis dengan permintaan mendesak untuk memverifikasi akun Anda.
- Voicemails yang meminta Anda untuk menelepon nomor dengan kode internasional lainnya. Anda akan
mendapat tagihan telepon yang mahal.
- Untuk mendapatkan hadiah lotere atau hadiah lainnya, Anda diminta untuk menelepon kode dua digit
diawali atau diakhiri dengan tanda "#" atau "*" (contoh: *79 or 72#). Ini merupakan penipuan
call-forwarding.
- Ingat: Staf OVO tidak akan pernah menanyakan password Anda.
9. Mobile Malware
Lindungi Data Diri dan Rekening Anda dari Mobile Malware
Mobile Malware atau Mobile Malicious Software merupakan perangkat lunak berbahaya yang menyerang
perangkat mobile Anda seperti smartphone maupun tablet dengan tujuan untuk merusak sistem operasi
atau aplikasi dan/atau mencuri data pribadi maupun data perbankan anda.
Demi keamanan transaksi
perbankan dengan perangkat mobile Anda, pastikan:
- Melakukan instalasi anti-virus/anti-malware yang handal pada perangkat anda (jika perangkat anda
belum dilengkapi anti-virus/anti-malware) dan mengkinikan secara reguler anti-virus/anti-malware
maupun perangkat lunak mobile endpoint protection lainnya;
Hanya melakukan instalasi perangkat lunak mobile dari apps store resmi;
- Tidak melakukan instalasi perangkat lunak yang mencurigakan dan meminta izin akses yang
berlebihan;
- Tidak melakukan jailbreaking* atau rooting* pada perangkat mobile Anda
*Jailbreaking atau Rooting adalah suatu modifikasi pada sistem operasi perangkat mobile iOS
(Jailbreaking) atau Android (Rooting) yang bertujuan untuk memperoleh akses penuh terhadap sistem
operasi, dimana hal ini dapat menyebabkan perangkat mobile menjadi lebih rentan dari bahaya Mobile
Malware
10. Security update dan bug bounty program
Program Bug Bounty OVO
Di OVO, kami menyadari peran penting peneliti keamanan dalam membantu menjaga keamanan OVO dan pelanggan kami. Untuk terus memberikan pelayanan program yang lebih baik, OVO telah bekerja sama dengan YesWeHack.
Selagi Anda berusaha untuk mengidentifikasikan kerentanan keamanan yang kami mungkin miliki, Anda dapat mengunjungi halaman berikut, untuk informasi lebih lanjut:
https://yeswehack.com/programs/ovo-bug-bounty-program