Syarat dan Ketentuan Campaign GEBUK JUDOL OVO
Syarat dan Ketentuan Campaign GEBUK JUDOL OVO
- Nama Program: “GEBUK JUDOL” atau “Gerakan Bareng Ungkap Judi Online” merupakan salah satu inisiatif OVO untuk memberantas aktivitas judi online (judol) di Indonesia. Melalui program ini, OVO menawarkan apresiasi kepada Pengguna Akun OVO dengan status OVO Premier yang berhasil mengungkap dan melaporkan informasi terkait aktivitas judol.
- Penyelenggara: PT Visionet Internasional atau OVO
- Masa Program: 24 Februari 2025 - 24 Maret 2025
- Deskripsi Program:
- Program ini merupakan upaya pengawasan terhadap aktivitas judol yang dilaksanakan dengan mengatasnamakan OVO (PT Visionet Internasional) atau penyalahgunaan layanan-layanan OVO, termasuk penggunaan Akun OVO.
- Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya judol dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengambil langkah nyata dalam mencegah dan memberantas praktik judol di Indonesia.
- Program dilaksanakan dengan mengungkapkan dan melaporkan kegiatan atau aktivitas judol sebagaimana dimaksud dalam poin (a) di atas.
- Syarat Partisipasi: Program ini terbuka bagi seluruh Pengguna OVO yang merupakan Warga Negara Indonesia dan memiliki Akun OVO dengan klasifikasi OVO Premier atau yang telah mengaktivasi OVO Nabung, selanjutnya disebut sebagai “Pengguna OVO Premier”.
*Karyawan-karyawan dari PT Visionet Internasional (OVO), PT Grab Teknologi Indonesia (Grab), PT Indonusa Bara Sejahtera (OVO Finansial), PT Super Bank Indonesia (Superbank) dan afiliasi-afiliasi nya, tidak dapat berpartisipasi dalam program ini.
- Mekanisme Program:
- Pelaksanaan:
- Pengguna OVO Premier, bertindak dalam Program ini sebagai “Pelapor”, dapat melaporkan kegiatan terindikasi judolyang melibatkan merek dagang OVO, layanan OVO, atau Akun OVO. Contoh: Pelapor melaporkan Akun OVO yang digunakan sebagai rekening atau akun penampungan, penerimaan, atau deposit dana judol.
- Pelapor dapat mengirimkan laporan atas temuannya tersebut melalui tautan resmi OVO untuk Program ini: https://ovo.id/gebuk-judol
-
Informasi yang harus disampaikan dalam laporan
- Nomor ponsel atas Akun OVO yang diduga kuat telah terlibat atau dilibatkan dalam kegiatan judol. Sebagai contoh, Akun OVO yang dilaporkan adalah akun yang digunakan untuk menerima deposit taruhan pada website judol, bukan Akun OVO sebagai pihak yang melakukan penyetoran dana.
- Link website (contoh link yang dilaporkan: https://situsjudionline.com/ atau www.situsjudionline.com) yang memfasilitasi, memberikan informasi, mengajak, atau mempromosikan kegiatan judol. Dalam memberikan informasi mengenai website judol, Pelapor diminta untuk menyertakan URL (link/situs web) , tangkapan layar foto dari website judol tersebut.
- Tangkapan layar (foto) dari website judol yang dengan jelas menunjukan bukti dan bentuk keterlibatan Akun OVO tersebut dalam kegiatan judol yang dilaporkan.
- Nama lengkap Pelapor, sesuai dengan dokumen identitas (KTP), dan nomor ponsel Pelapor yang terdaftar sebagai Akun OVO Premier.
-
Laporan yang dianggap valid:
- Laporan hanya dapat (wajib) disampaikan melalui tautan resmi OVO untuk Program GEBUK JUDOL: https://ovo.id/gebuk-judol.
- Laporan hanya akan diterima jika disampaikan oleh Pelapor yang merupakan Pengguna OVO Premier, berstatus WNI, dan dengan status Akun OVO yang masih aktif (tidak terblokir/belum dinonaktifkan).
- Jika pada saat akan melakukan pelaporan, klasifikasi Akun OVO dari Pelapor adalah OVO Club, maka Pelapor wajib untuk melakukan upgrade ke OVO Premier terlebih dahulu sebelum melakukan pelaporan. Prosedur upgrade klasifikasi Akun OVO dari OVO Club ke Premier dapat dipelajari lebih lanjut pada tautan berikut: https://helpcenter.ovo.id/article/360025450272
- Laporan dapat diproses lebih lanjut jika seluruh informasi yang menjadi syarat pelaporan sebagaimana diuraikan dalam Bagian 6 Poin (b) telah diisi, diserahkan, dan disertakan dengan lengkap dan jelas.
- Apabila terdapat lebih dari satu laporan atas satu Akun OVO yang sama pada satu website judol yang sama dari lebih satu Pelapor, maka laporan yang akan diperhitungkan adalah laporan yang pertama kali masuk dan diterima secara lengkap oleh OVO.
- Apabila terdapat lebih dari satu laporan atas satu Akun OVO yang sama pada website berbeda, maka laporan yang diperhitungkan adalah laporan yang pertama kali masuk dan diterima secara lengkap oleh OVO.
- OVO bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam melaporkan Akun OVO yang dilaporkan sebagai Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan (LTKM).
- OVO berhak untuk menolak laporan yang terbukti mengandung unsur yang melanggar syarat dan ketentuan ini, peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau hak pihak ketiga manapun, atau laporan yang tidak valid, mengandung informasi yang menyesatkan, tidak lengkap, atau tidak memenuhi syarat sebagaimana ditentukan dalam syarat dan ketentuan ini.
-
Penentuan Pemenang dan Reward:
- Peserta Pelapor disarankan untuk tidak mengganti nomor telepon yang terdaftar pada akun OVO selama masa periode campaign. Untuk memudahkan konsolidasi perolehan pelapor yang akan digunakan untuk penentuan pemenang program.
- Setiap laporan dengan informasi yang lengkap, memenuhi syarat, dan terbukti (valid) akan dicatat dan diurutkan berdasarkan jumlah laporan untuk perhitungan apresiasi atau reward sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada program ini.
- Validitas atas suatu laporan ditentukan berdasarkan verifikasi oleh OVO atas kecocokan antara informasi yang disampaikan pada laporan dan fakta/bukti yang ditemukan di lapangan, seperti website judol yang dilaporkan.
- OVO berhak untuk melakukan verifikasi terhadap setiap laporan yang diterima, termasuk melakukan pengecekan terhadap keakuratan informasi yang diberikan.
- OVO berhak untuk membatalkan pemberian apresiasi atau reward apabila informasi yang diberikan tidak dapat terverifikasi atau tervalidasi, atau terbukti terdapat rekayasa terhadap laporan dan fakta/bukti validitas atas informasi yang disampaikan pada laporan.
- Apresiasi atau reward akan diberikan setelah semua laporan terkumpul selama masa programdimulai, yakni dari 24 Februari 2025 sampai dengan 24 Maret 2025.
- Apresiasi atau reward akan diberikan kepada 3 (tiga) Pelapor dengan jumlah laporan terbukti (valid) terbanyak sepanjang periode program berlangsung.
- Apresiasi atau reward akan diberikan dalam bentuk OVO Cash dan OVO Points yang langsung dimasukkan ke dalam Akun OVO Premier dari Pelapor, dengan komposisi 50% OVO Cash dan 50% OVO Points, reward berupa OVO Cash akan langsung dikonversi menjadi saldo OVO Nabung, apabila pada saat reward diberikan Pemenang telah mengaktifkan Akun OVO Nabung.
- Besaran nilai nominal apresiasi atau reward adalah sebagai berikut:
Juara 1: 15.000.000 OVO Cash dan 15.000.000 OVO Points
Juara 2: 10.000.000 OVO Cash dan 10.000.000 OVO Points
Juara 3: 5.000.000 OVO Cash dan 5.000.000 OVO Points
*Pajak hadiah akan ditanggung oleh OVO (PT Visionet Internasional) selaku penyelenggara program.
- Pemenang akan dihubungi lebih lanjut oleh tim OVO melalui email atau nomor HP terdaftar maksimal 30 hari kalender sejak periode program berakhir untuk kemudian dilakukan verifikasi lebih lanjut terkait pemberian apresiasi atau reward sebagai pahlawan GEBUK Judol. Proses pemberian reward akan dilakukan secara transparan, dan data pribadi pemenang akan dilindungi sesuai dengan Kebijakan Privasi OVO. Pemenang akan dihubungi melalui saluran resmi OVO dan tidak akan diminta untuk memberikan informasi tambahan yang tidak diperlukan.
- Status pemenang dalam program ini dapat dibatalkan oleh OVO, dan status kemenangan dapat dialihkan kepada Pelapor lainnya dengan jumlah laporan terbukti (valid) terbanyak lainnya, jika pemenang terbukti memiliki riwayat pernah terlibat dalam kegiatan judol, baik sebagai pemain, bandar, perantara, atau lainnya, berdasarkan hasil pengecekan tim internal OVO.
- Ketentuan Lainnya:
- Kerahasiaan:
- Pelapor / Pengguna OVO wajib untuk menjaga kerahasiaan dengan tidak menyebarluaskan nomor ponsel dan Akun OVO yang dilaporkannya serta data dan informasi apapun yang tercantum dalam laporannya, khususnya jika data atau informasi tersebut menyangkut pihak ketiga manapun, seperti pihak yang dilaporkan.
- Pelapor / Pengguna OVO menyatakan bahwa informasi yang dilaporkan tidak disalahgunakan untuk membocorkan data pribadi orang lain yang tidak terkait dengan aktivitas judi online (judol). Untuk menghindari keraguan, Program ini tidak bertujuan untuk menyerang, menyinggung, membocorkan, atau mencemarkan pihak manapun, oleh karena itu, seluruh laporan akan diperlakukan sebagai suatu kerahasiaan, dan Pelapor / Pengguna OVO diharuskan untuk tidak melakukan upaya apapun yang dapat menyebabkan pelanggaran hukum atau pelanggaran atas hak-hak pihak manapun, termasuk pihak yang dilaporkan. Tindakan yang dimaksud, termasuk namun tidak terbatas pada, mempublikasikan data pribadi pihak yang dilaporkan, menyebarluaskan informasi Akun OVO pihak yang dilaporkan.
- Apabila Pelapor / Pengguna OVO terbukti melakukan tindakan yang melanggar hukum atau hak pihak manapun dalam kaitannya dengan keikutsertaannya dalam Program ini, maka seluruh konsekuensi atas tindakannya tersebut akan ditanggung sepenuhnya oleh Pelapor / Pengguna OVO, dan harus membebaskan OVO dari seluruh tuntutan, gugatan, klaim, atau ganti rugi apapun yang timbul dari konsekuensi tindakannya tersebut.
- Identitas Pelapor, Pengguna OVO, dan pemenang akan dirahasiakan untuk melindungi privasi. OVO akan menggunakan inisial nama atau cara lainnya sebagaimana diperlukan untuk tujuan yang memerlukan pengumuman.
- Pelapor / Pengguna OVO dan pemenang wajib untuk turut serta menjaga keamanan dan kerahasiaan identitasnya dalam kaitannya dengan program ini, OVO tidak bertanggung jawab atas kelalaian atau kegagalan Pelapor / Pengguna OVO / pemenang dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan identitasnya yang menimbulkan kerugian bagi dirinya.
- OVO berhak menghentikan atau mengubah syarat dan ketentuan program ini sewaktu-waktu. Perubahan tersebut akan diberitahukan secara transparan oleh OVO melalui media sosial atau saluran resmi komunikasi OVO lainnya.
- OVO berhak untuk mengambil upaya hukum terhadap pihak manapun, termasuk Pelapor, jika ditemukan kecurangan atau pelanggaran apapun dalam pelaksanaan program ini.
- Data pribadi yang dilaporkan oleh Pelapor/Pengguna OVO hanya dapat diakses oleh tim verifikasi internal OVO yang telah mendapatkan otorisasi khusus. Akses akan diawasi dan dicatat untuk memastikan kepatuhan terhadap kebijakan privasi.
- OVO akan menyimpan data pribadi pelapor dan pihak yang dilaporkan hanya selama diperlukan untuk keperluan verifikasi dan penegakan hukum. Setelah program selesai, data tidak akan dipergunakan atau dibuat anonim sesuai dengan Kebijakan Privasi OVO dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.