CHECK OVO POINTS
Cara Bijak Sewaktu Membeli Asuransi
Oleh: Andreas Hartono

Semua orang bisa saja sepakat asuransi itu penting, tetapi kamu perlu berhati-hati dalam membeli asuransi, karena tidak sedikit orang yang salah beli asuransi. Nah, sebelum membeli, yuk simak dulu asuransi apa yang tepat buat kamu! Untuk yang sudah punya asuransi, sekarang waktunya untuk cek polis kamu untuk memastikan apakah polis yang kamu beli sudah sesuai.

Dilihat dari objeknya, asuransi dapat dibedakan menjadi asuransi jiwa dan asuransi umum. Berikut penjelasannya.

Asuransi Jiwa

Secara sederhana, asuransi jiwa adalah pertanggungan atas risiko kematian. Jadi, kalau seorang tertanggung beli asuransi jiwa Rp1 miliar kemudian dia meninggal dunia, maka ahli warisnya akan mendapatkan santunan dana tunai atau warisan sebesar Rp1 miliar. Apakah semua orang perlu asuransi jiwa? Jawabannya tidak. Kalau ada keterbatasan cash flow, yang perlu diprioritaskan pertama untuk mempunyai asuransi jiwa adalah orang-orang yang punya nilai ekonomis, yaitu mereka yang menghasilkan income untuk menghidupi keluarga, kemudian yang kedua adalah orang-orang yang punya beban ekonomis atau memiliki utang.

Asuransi Umum

Asuransi umum adalah penggantian atas suatu kerugian finansial dari suatu kejadian. Ada banyak asuransi yang masuk dalam kategori umum ini, tetapi yang populer antara lain asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi cacat tetap total, asuransi kendaraan, asuransi kebakaran dan asuransi perjalanan.

Dari sekian banyak jenis asuransi, asuransi kesehatan adalah asuransi yang sifatnya wajib untuk dimiliki oleh semua orang tanpa terkecuali, mulai dari anak-anak hingga lansia. Ingat, setiap orang bisa sakit dan biaya kesehatan di negara kita ini termasuk mahal.

Kemudian, asuransi kecelakaan dan cacat tetap biasanya dikorelasikan atau digabungkan dengan asuransi jiwa. Jika kamu beli asuransi jiwa, kamu bisa menambahkannya dengan kedua asuransi umum ini. Di antara semua jenis asuransi yang disebutkan di atas, dua asuransi ini merupakan asuransi dengan biaya premi yang paling murah.

Sedangkan untuk asuransi kebakaran dan kendaraan, biasanya keduanya sudah melekat sewaktu kamu membeli rumah atau kendaraan secara kredit di lembaga keuangan.

Nah, buat kamu yang suka traveling, tidak ada salahnya membeli asuransi perjalanan supaya aktivitas jalan-jalanmu semakin nyaman. Biasanya asuransi perjalanan merupakan kombinasi antara asuransi jiwa dan kecelakaan, ditambah kerugian kalau terjadi pembatalan penerbangan, kehilangan bagasi, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kegiatan traveling kamu.

Sekarang, coba cek satu per satu, kira-kira asuransi manakah yang kamu perlukan? Setelah itu, kamu bisa mulai membeli asuransi dengan bijak sesuai dengan kebutuhan, lifestyle, dan tentunya budget yang dimiliki.

Kata siapa asuransi itu mahal ?

Jangan ada alasan untuk tidak punya asuransi karena tidak ada budget, karena di Indonesia, kamu bisa beli asuransi melalui dua lembaga, yaitu asuransi komersial dan asuransi sosial. Asuransi komersial sebenarnya sama dengan asuransi swasta, sedangkan asuransi sosial itu biasanya milik pemerintah (contoh: BPJS). Dari segi fleksibilitas, biasanya asuransi komersial lebih baik, tetapi asuransi sosial lebih terjangkau secara finansial. So, jangan menjadikan budget sebagai alasan untuk nggak punya asuransi ya!

Next, mau tahu cara hitung uang pertanggungan asuransi jiwa yang benar? Tunggu di artikel selanjutnya ya!