CHECK OVO POINTS
Cara Mudah untuk Mulai Berinvestasi Saham
Oleh: Edwin Santoso

Banyak orang, terutama anak muda yang mengatakan bahwa mereka sangat tertarik berinvestasi saham. Tapi tau nggak sih caranya memulai berinvestasi di saham?

Antusias boleh, tapi jangan sampai kamu salah langkah. Membuka rekening saham bisa dibilang gampang-gampang susah karena ada beberapa perusahaan sekuritas (perusahaan yang menjadi perantara perdagangan saham) yang ribet, namun ada juga yang sangat simpel di mana kamu bahkan bisa membuka rekening saham secara online.

Anyway, layaknya pendaftaran pada umumnya, terdapat beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan dan tahapan-tahapan yang harus kamu lalui. So, yuk coba tengok langkah-langkahnya sesuai dengan ketentuan dari Bursa Efek Indonesia (BEI).

Gimana, masih bingung dengan langkah-langkahnya? Jika ya, kamu bisa langsung meluncur ke perusahaan sekuritas terpercaya di kotamu. Tapi, kira-kira apa sih ciri-ciri perusahaan sekuritas yang terpercaya?

1. Taat terhadap semua aturan yang ditetapkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
2. Ramah dan suportif terhadap investor pemula
3. Memiliki Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) di atas yang disyaratkan
4. Tidak menawarkan produk yang tidak diregulasi oleh OJK
5. Aktif dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya investasi dan pasar modal

Biasanya, di kantor perwakilan perusahaan sekuritas tersebut, terdapat staf helpdesk maupun marketing yang siap membantumu dari awal hingga akhir. Jangan khawatir, mereka biasanya ramah-ramah dan antusias menyambut calon investor baru seperti kamu. Happy investing!