CHECK OVO POINTS
Lebih Asyik Buka Tabungan atau Giro Ya ?
Oleh: Andreas Hartono

Coba ingat-ingat, pernahkah sewaktu mau transaksi di ATM ada pilihan Tabungan, Giro atau Kartu Kredit? Kalau tabungan dan kartu kredit sih, semua juga sudah pasti tahu, tetapi kalau giro? Sering dengar sih, tapi itu apa ya? Yuk, kita bahas.

Tabungan dan giro sama saja

Tabungan dan giro itu secara produk sebenarnya sama; sama-sama produk dari perbankan dan sama-sama bisa digunakan untuk menyimpan uang ataupun menarik uang yang kamu miliki. Bagi sebagian orang, giro biasanya dianggap sebagai produk yang ditujukan untuk perusahaan. Pemahaman tersebut benar, tetapi giro bisa juga loh dimiliki secara personal. Meskipun sama dengan tabungan, tetapi giro menawarkan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh tabungan.

Pertama – Limit transaksi

Limit atau batas transaksi giro jauh lebih besar dibandingkan dengan tabungan. Biasanya, jika kamu mau transfer via rekening tabungan akan ada limit per hari, misalnya Rp20 juta. Kalau dalam sehari limit tersebut sudah terlampaui, maka transaksi berikutnya harus menunggu keesokan harinya. Beda dengan giro yang nyaris tanpa limit transaksi harian, sehingga transaksi dalam jumlah berapapun bisa dilakukan.

Kedua - Fleksibilitas penarikan atau transfer dana

Kalau kamu mempunyai rekening giro, maka kamu akan mempunyai 3 opsi untuk menarik uang atau transfer uang yang bisa dicermati. Yuk, coba kamu lihat penjelasannya dari ilustrasi yang ada.

Kalau dari pengertian di atas, fasilitas cek bisa digambarkan dengan situasi seorang bendahara RT yang datang ke rumah kamu untuk menagih iuran bulanan. Namun kamu sedang tidak memiliki uang tunai, maka kamu bisa menuliskan sebuah cek atas unjuk sejumlah tagihan iuran bulanan dan kamu berikan kepada bendahara RT. Nantinya, bendahara RT hanya perlu ke bank untuk mencairkan cek tersebut menjadi uang tunai. Keren khan? Bisa bayar iuran bulanan pakai cek.

Ketiga - Laporan transaksi yang detail dan lengkap

Pencatatan transaksi di buku tabungan biasanya hanya mencantumkan nominal untuk setiap transaksi yang terjadi, namun kamu tidak bisa mengetahui nama orang yang mentransfer kecuali menggunakan internet banking. Berbeda dengan giro, kamu tidak diberikan buku tabungan tetapi secara periodik kamu akan menerima rekening koran yang berisi detail setiap transaksi masuk dan keluar secara lengkap.

So, mending buka tabungan atau giro ?

Tergantung, jika kamu memang membutuhkan fleksibilitas terhadap jumlah uang yang bisa ditransaksikan per harinya dan alternatif jenis pembayaran, maka giro menjadi sebuah pilihan yang sangat menarik. Selain tabungan dan giro ada produk apa lagi ya di bank? Nantikan artikel selanjutnya!