CHECK OVO POINTS
Susah Tidak Susah: Memahami Investasi
Oleh: Edwin Santoso

Kamu mungkin sudah pernah mendengar istilah investasi sebelumnya. Nah, yang mungkin kamu belum mengerti, sebaiknya investasi dalam bentuk apa sih?

Investasi sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang jika kamu sudah memahaminya dan susah jika kamu sama sekali tidak memahami investasi yang kamu beli alias seperti membeli kucing dalam karung. Oleh karena itu, kali ini kita akan bahas 3 jenis investasi finansial yang paling awam di Indonesia yaitu:

Lantas, dari ketiga pilihan di atas, investasi mana sih yang paling cocok buat kamu? Jawabannya adalah ketiganya. Setiap dari investasi memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sehingga solusi yang paling tepat adalah memiliki ketiga-tiganya untuk bisa memperoleh hasil yang optimal.

Idealnya, jika kamu masih muda dan tidak memiliki tanggungan, maka porsi saham dalam total investasi ini bisa diperbesar. Namun sebaliknya, apabila kamu memiliki banyak tanggungan dan/atau mendekati masa pensiun, maka porsi deposito dan/atau obligasi bisa diperbesar. Happy investing!