Terms & Conditions OVO PayLater
Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian layanan yang ditawarkan oleh PT Visionet Internasional ("OVO" atau "Aplikasi") bekerja sama dengan PT Indonusa Bara Sejahtera ("Taralite" atau "Partner")"
    1. PENGANTAR
      1. OVO PayLater adalah Fasilitas pembiayaan dalam bentuk kredit limit yang diberikan oleh penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, PT Indonusa Bara Sejahtera (Partner), yang dapat digunakan oleh Pengguna untuk melakukan transaksi pada Aplikasi. Oleh karena itu, hubungan hukum yang timbul terkait Pinjaman adalah antara (Para) Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko yang timbul dari padanya ditanggung sepenuhnya oleh (Para) Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman.
        Adapun Partner selaku kuasa dari (Para) Pemberi Pinjaman telah diberikan kewenangan untuk melakukan hal-hal sehubungan dengan Pinjaman sebagai berikut:
        1. menentukan dan/atau melaksanakan Syarat dan Ketentuan OVO PayLater sebagaimana didefinisikan di bawah ini dan setiap perubahannya dari waktu ke waktu untuk dan atas nama (Para) Pemberi Pinjaman;
        2. melakukan evaluasi dan menentukan (menyetujui atau menolak) permohonan perolehan Batas Maksimum Pemberian Pinjaman dan sekaligus pencairan Pinjaman;
        3. menentukan nilai Batas Maksimum Pemberian Pinjaman sebagaimana didefinisikan di bawah ini;
        4. mewakili (Para) Pemberi Pinjaman untuk membuat Perjanjian Pemberian Pinjaman dengan Penerima Pinjaman dalam bentuk dokumen elektronik;
        5. menyalurkan Pinjaman berdasarkan hasil evaluasi Partner;
        6. menyalurkan dana Pinjaman untuk melakukan pembayaran Nilai Transaksi kepada Pedagang melalui OVO;
        7. melakukan penagihan atas seluruh kewajiban pembayaran Penerima Pinjaman kepada (Para) Pemberi Pinjaman dan/atau Partner, termasuk Pinjaman, Biaya Layanan, dan/Bunga Tunggakan (apabila ada), untuk menunjuk dan mengalihkan kuasa untuk melaksanakan penagihan kepada pihak ketiga yang ditunjuk oleh Partner dan melakukan segala hak (Para) Pemberi Pinjaman berdasarkan Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini dan Perjanjian Pemberian Pinjaman; dan
        8. mewakili dan bertindak untuk kepentingan dan atas nama (Para) Pemberi Pinjaman dalam mengupayakan penyelesaian sengketa dalam hal terjadi sengketa atas pemenuhan hak dan kewajiban para pihak termasuk pengajuan gugatan terhadap Penerima Pinjaman terkait pelaksanaan hak atau pemenuhan hak dan perlindungan kepentingan (Para) Pemberi Pinjaman.
      2. Syarat dan Ketentuan OVO PayLater merupakan bagian dari dan tunduk pada Ketentuan Aplikasi dan Perjanjian Pemberian Pinjaman sebagaimana didefinisikan di bawah ini. Dengan mendaftar dan/atau menggunakan OVO PayLater, maka Penerima Pinjaman dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi Ketentuan Aplikasi dan Perjanjian Pemberian Pinjaman.
      3. Oleh karenanya, Penerima Pinjaman wajib membaca Syarat dan Ketentuan OVO PayLater dengan seksama karena persetujuan Penerima Pinjaman atas Syarat dan Ketentuan OVO PayLater menimbulkan hak dan kewajiban serta risiko secara hukum kepada Penerima Pinjaman.
      4. Jika Penerima Pinjaman tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini, maka Penerima Pinjaman tidak dapat menggunakan layanan atau produk OVO PayLater pada Aplikasi.
    2. DEFINISI
    1. OVO PayLater adalah layanan jasa pinjaman berbasis teknologi informasi sebagai dijelaskan pada Bagian A angka 1 Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini.
    2. Aplikasi adalah aplikasi OVO yang berbasis Android atau iOS.
    3. Transaksi adalah setiap transaksi jual beli Barang yang dilakukan Pedagang dan Pembeli melalui Situs/Aplikasi, yang pembayarannya dilakukan dengan menggunakan OVO PayLater.
    4. Nilai Transaksi adalah nilai dari Transaksi yaitu sebesar minimum Rp 1 (satu rupiah) yang dibayarkan dengan menggunakan OVO PayLater.
    5. Permohonan Pinjaman Pertama adalah sebagaimana dijelaskan pada Bagian C angka 2 huruf (b) Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini.
    6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik yang diperjualbelikan oleh OVO dan/atau pedagang mitra OVO, maupun benda non-fisik, tetapi tidak termasuk Donasi, Investasi, Reksadana dan Transfer Saldo.
    7. Pedagang adalah pihak yang terdaftar dalam Aplikasi yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang kepada para pengguna Aplikasi.
    8. Pembeli adalah pihak yang terdaftar dalam Aplikasi yang melakukan tindakan pembelian atas suatu barang yang ditawarkan OVO dan/atau Pedagang dalam Aplikasi.
    9. Pinjaman adalah pinjaman uang senilai tertentu yang diberikan kepada Penerima Pinjaman melalui sistem teknologi informasi yang berasal dari (Para) Pemberi Pinjaman yang dialokasikan dan disalurkan oleh Partner sebagaimana didefinisikan dibawah ini berdasarkan hasil penilaian dan kelayakan yang dilakukan oleh Partner untuk melunasi Nilai Transaksi kepada Pedagang.
    10. Batas Maksimum Pemberian Pinjaman atau yang selanjutnya disingkat BMPP atau disebut “total limit” pada dashboard OVO PayLater Penerima Pinjaman adalah batas nilai total Pinjaman yang dapat diberikan kepada Penerima Pinjaman.
    11. Penerima Pinjaman Penerima Pinjaman adalah pengguna OVO PayLater yang terdaftar dalam Aplikasi yang menerima Pinjaman yang berasal dari (Para) Pemberi Pinjaman yang terdaftar pada Partner.
    12. (Para) Pemberi Pinjaman adalah pihak ketiga yang terdaftar pada Partner yang menyediakan Pinjaman untuk disalurkan kepada Penerima Pinjaman.
    13. Partner adalah PT Indonusa Bara Sejahtera selaku pemilik platform Taralite, yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bekerjasama dengan OVO untuk menyalurkan Pinjaman yang berasal dari dan bertindak untuk kepentingan dan atas nama (Para) Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman melalui Aplikasi.
    14. Biaya Layanan adalah biaya yang dibebankan oleh Partner kepada Penerima Pinjaman saat menggunakan OVO PayLater sebagai metode pembayaran atas transaksi pembelian barang.
    15. Bunga Tunggakan adalah biaya yang dikenakan kepada Penerima Pinjaman dalam hal terdapat tagihan tertunggak yang tidak dibayarkan penuh hingga batas waktu pembayaran (due date), termasuk jika Penerima Pinjaman memilih pembayaran sebagian dalam melakukan pembayaran tagihan.
    16. Biaya Keterlambatan adalah biaya yang dikenakan oleh Partner kepada Pengguna atas keterlambatan pembayaran tagihan atau atas sisa tagihan yang belum dilunasi atas penggunaan opsi OVO PayLater.
    17. Bunga Bulanan adalah bunga yang dikenakan Partner kepada Pengguna dari nilai pembayaran atas transaksi yang menggunakan opsi cicilan OVO PayLater.
    18. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
    19. Perjanjian Pemberian Pinjaman adalah perjanjian, baik secara tertulis atau dalam bentuk elektronik, yang dibuat dan disepakati antara Penerima Pinjaman dan (Para) Pemberi Pinjaman yang mengatur antara lain hak dan kewajiban, syarat dan ketentuan dan mekanisme serta prosedur pengembalian atau pembayaran Pinjaman.
    20. Syarat dan Ketentuan Aplikasi adalah syarat dan ketentuan untuk menggunakan Aplikasi.
    21. Kebijakan Privasi adalah kebijakan OVO dan Partner mengenai privasi pengguna Aplikasi dan/atau Penerima Pinjaman untuk menggunakan Aplikasi dan/atau metode pembayaran OVO PayLater.
    22. Syarat dan Ketentuan OVO PayLater adalah syarat dan ketentuan untuk menggunakan produk OVO PayLater.
    23. Hari Kalender adalah hari Senin sampai dengan hari Minggu, termasuk hari libur nasional dan cuti bersama.
    24. Hari Kerja adalah hari, selain hari Sabtu, Minggu dan hari libur resmi nasional, di mana bank buka untuk melakukan kegiatan usahanya sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia.
    25. Kata Sandi/Password adalah kata sandi akun Penerima Pinjaman pada Aplikasi, akun OVO PayLater Penerima Pinjaman, email Penerima Pinjaman dan One-Time Password yang diterima Penerima Pinjaman.
    26. “Limit Tersedia” adalah nilai yang dapat diajukan sebagai Pinjaman oleh Penerima Pinjaman sebagaimana ditampilkan pada dashboard OVO PayLater Penerima Pinjaman yang merupakan hasil perhitungan dari BMPP dikurangi dengan total Pinjaman dan Biaya Layanan serta Bunga Tunggakan yang belum dibayarkan.
    27. Kami dapat mengenakan biaya dalam rangka penggunaan layanan pada Aplikasi OVO, termasuk namun tidak terbatas pada layanan pengisian saldo (top-up), pembayaran, transfer, redeem, dan/atau pencairan uang. Keterangan mengenai jumlah biaya yang dikenakan akan kami sediakan melalui media komunikasi, website, dan/atau media lain yang Kami tentukan dari waktu ke waktu.
    3. PENGAJUAN OVO PAYLATER
      1. Untuk dapat menggunakan OVO PayLater, calon Penerima Pinjaman dapat mengajukan permohonan aktivasi OVO PayLater dengan salah satu cara berikut ini (“Permohonan Aktivasi”):
        1. Dalam hal calon Penerima Pinjaman belum melakukan Transaksi, calon Penerima Pinjaman mengakses halaman OVO PayLater pada Situs/Aplikasi dan mengisi formulir pengajuan Pinjaman dan mengunggah dokumen-dokumen yang disyaratkan serta menyetujui Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini secara elektronik dengan mengeklik kotak yang tersedia; atau
        2. Dalam hal calon Penerima Pinjaman telah melakukan Transaksi, calon Penerima Pinjaman harus memilih metode pembayaran OVO PayLater dalam Situs/Aplikasi sebagai metode pembayaran atas Transaksi, dan mengisi formulir pengajuan Pinjaman pada Situs/Aplikasi serta mengunggah dokumen-dokumen yang disyaratkan serta menyetujui Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini dan Perjanjian Pinjaman secara elektronik dengan mengeklik kotak yang tersedia. Permohonan aktivasi dengan cara ini adalah sekaligus merupakan permohonan Pinjaman untuk Transaksi pertama (“Permohonan Pinjaman Pertama”). Nilai Transaksi tersebut merupakan nilai Pinjaman yang dimohonkan oleh Penerima Pinjaman kepada (Para) Penerima Pinjaman melalui Partner.
      2. Dengan melakukan Permohonan Aktivasi, calon Penerima Pinjaman telah memberikan persetujuan kepada OVO dan Partner untuk memperoleh dan menggunakan Informasi calon Penerima Pinjaman sesuai Kebijakan Privasi. Untuk maksud tersebut, calon Penerima Pinjaman menyetujui dan memberikan wewenang kepada OVO untuk memberikan informasi yang terdapat dalam formulir pengajuan Pinjaman dan data relevan lain miliknya pada Aplikasi kepada Partner.
      3. Berdasarkan kuasa yang diberikan oleh (Para) Pemberi Pinjaman kepada Partner, setelah Penerima Pinjaman memberikan persetujuan atas syarat dan ketentuan dalam Perjanjian Pemberian Pinjaman dan berdasarkan konfirmasi evaluasi Partner atas permohonan calon Penerima Pinjaman berdasarkan kebijakan dan persyaratan yang ditentukan oleh Partner serta statistik akun Penerima Pinjaman, maka Partner akan menetapkan nilai BMPP yang dapat disalurkan kepada Penerima Pinjaman.
      4. Permohonan Pinjaman Pertama yang dilakukan Pembeli dengan menggunakan OVO PayLater akan dianggap sebagai permohonan perolehan BMPP dan Pinjaman untuk Transaksi pertama; dan setiap Transaksi yang dilakukan Pembeli dengan menggunakan OVO PayLater (termasuk Transaksi yang dilakukan pertama kali menggunakan OVO PayLater) akan dianggap sebagai permohonan Pinjaman.
      5. Proses verifikasi akan dilakukan oleh Partner dalam jangka waktu 2 x 24 jam (2 Hari) Kerja setelah calon Penerima Pinjaman mengajukan Permohonan Aktivasi, kecuali terdapat hal-hal yang mengakibatkan Partner tidak dapat melakukan verifikasi ini dalam jangka waktu tersebut, termasuk namun tidak terbatas karena adanya data, dokumen atau foto yang diberikan oleh calon Penerima Pinjaman yang sulit diidentifikasi, dimana hal ini akan diberitahukan oleh Partner kepada calon Penerima Pinjaman dalam waktu yang dianggap wajar oleh Partner.
      6. Apabila diperlukan, Partner dari waktu ke waktu dapat meminta Penerima Pinjaman untuk menyampaikan dan/atau mengunggah segala dokumen dan/atau informasi tambahan, termasuk secara elektronik, kepada Partner.
      7. Persetujuan atas permohonan dan penyaluran Pinjaman kepada Penerima Pinjaman akan ditandai dengan berhasilnya pemrosesan pembayaran Transaksi Penerima Pinjaman.
      8. Persetujuan dan/atau penolakan Pinjaman merupakan sepenuhnya hak Partner. (Calon) Penerima Pinjaman wajib tunduk pada keputusan dari Partner.
      9. Dalam hal permohonan Pinjaman disetujui oleh Partner, Partner selanjutnya meneruskan atau menyalurkan Pinjaman kepada OVO yang selanjutnya akan diteruskan OVO kepada Pedagang menurut dan tunduk pada sistem yang terdapat pada Situs/Aplikasi. Penerima Pinjaman menyadari dan mengakui bahwa Pinjaman tersebut akan dipakai untuk membayar nilai Transaksi kepada Pedagang, dan oleh karenanya memberikan persetujuan, kuasa dan wewenang kepada Partner untuk menyalurkan nilai Pinjaman kepada OVO untuk selanjutnya diteruskan kepada Pedagang menurut sistem yang terdapat pada Situs/Aplikasi.
      10. Penerima Pinjaman menyetujui dan memberikan wewenang kepada Partner untuk memberikan informasi kepada OVO mengenai status Pinjaman, Limit Tersedia, BMPP serta status pembayaran setiap bulannya.
      11. Penerima Pinjaman dengan ini menyadari bahwa OVO bukan merupakan pihak dalam Perjanjian Pemberian Pinjaman namun demikian OVO bertanggung jawab atas kewajibannya yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini, termasuk namun tidak terbatas untuk menyalurkan Pinjaman sebagai pembayaran Transaksi kepada Pedagang dan menyalurkan saldo Penerima Pinjaman ke rekening Penerima Pinjaman yang terdaftar pada Situs/Aplikasi (“Saldo OVO) dalam hal terdapat pembayaran oleh Penerima Pinjaman yang melebihi nilai Pinjaman sebagaimana dimaksud dalam Bagian E angka 5 Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini.
      12. Penerima Pinjaman dapat mengajukan satu atau beberapa Pinjaman selama jumlah totalnya tidak melebihi BMPP dan dapat disetujui oleh Partner.
      13. Pengguna menyetujui bahwa informasi yang didaftarkan pada saat pengajuan aplikasi merupakan informasi yang dapat digunakan dalam menghubungi dan/atau melakukan verifikasi terhadap pengguna; termasuk namun tidak terbatas pada informasi mengenai kontak darurat Pengguna dan oleh karena itu Pengguna menyetujui Partner dapat menghubungi kontak darurat tersebut dalam hal tidak dapatnya dihubungi pengguna dalam hal apapun.
    4. PEMAKAIAN OVO PAYLATER
      1. Penerima Pinjaman yang identitasnya didaftarkan pada saat pengajuan Permohonan Aktivasi merupakan pemilik sah dari OVO PayLater. Kepemilikan OVO PayLater tidak dapat dipindahtangankan dengan alasan apapun.
      2. Penerima Pinjaman bertanggung jawab sepenuhnya atas penguasaan, penggunaan maupun penyalahgunaan OVO PayLater, baik oleh Penerima Pinjaman maupun orang lain dan dilarang menggunakan OVO PayLater untuk melakukan transaksi yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku. Penerima Pinjaman harus menjaga keamanan dan kerahasiaan Kata Sandi/Password dan setiap identifikasi yang diberikan kepada Penerima Pinjaman terkait OVO PayLater.
      3. Apabila terjadi pengungkapan atas Kata Sandi/Password, dengan cara apapun, yang mengakibatkan setiap penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan atas akun atau identitas, perintah yang diterima dari penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan tersebut akan dianggap sebagai perintah Penerima Pinjaman termasuk penyaluran Pinjaman, kecuali Partner telah menerima pemberitahuan dari Penerima Pinjaman untuk memblokir layanan OVO PayLater untuk akun Penerima Pinjaman sebelum perintah tersebut diterima oleh Partner.
      4. Pinjaman yang didapatkan Penerima Pinjaman hanya dapat disalurkan apabila Penerima Pinjaman melakukan suatu Transaksi pada Situs/Aplikasi.
      5. Konfirmasi Transaksi pada halaman konfirmasi pemesanan oleh Pembeli/Penerima Pinjaman berlaku sebagai permohonan Pinjaman dan sekaligus sebagai instruksi kepada Partner untuk mencairkan Pinjaman sebagai pembayaran atas Nilai Transaksi (apabila permohonan pencairan Pinjaman yang diajukan oleh calon Penerima Pinjaman disetujui oleh Partner).
      6. Pinjaman dapat digunakan untuk melakukan transaksi pada Situs/Aplikasi, kecuali untuk pembelian produk-produk sebagai berikut:
        1. Digital: Angsuran Kredit, Tagihan Kartu Kredit, Donasi, Zakat, Gift Card dan Uang Elektronik;
        2. Keuangan: Reksadana dan Emas.
      7. Ketentuan pada nomor (1) di atas dapat berubah sesuai kesepakatan Tokopedia dan Partner, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna.
      8. OVO PayLater dapat digunakan untuk melakukan pembayaran Transaksi selama masih dalam ada Limit Tersedia atau BMPP belum terlampaui.
      9. Setiap Transaksi yang telah berhasil diverifikasi akan mengurangi Limit Tersedia.
      10. Penerima Pinjaman akan dikenakan biaya - biaya yang besarnya ditentukan oleh Partner untuk pemakaian Kredit Limit dari limit transaksi termasuk tapi tidak terbatas pada Biaya Admin, Bunga Bulanan, Bunga Tunggakan, Biaya Keterlambatan.
      11. Penggabungan pemakaian OVO PayLater dengan metode pembayaran lainnya untuk melakukan transaksi dapat dilakukan, namun ketentuan terhadap penggabungan ini dapat berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna.
      12. Setiap Transaksi yang menggunakan metode pembayaran OVO PayLater akan secara otomatis mengurangi Limit Tersedia dan merupakan Pinjaman, meskipun pesanan Barang belum dikonfirmasi oleh Pedagang.
      13. Keluhan atau permasalahan yang disampaikan oleh Penerima Pinjaman terkait pengiriman, penerimaan, kualitas atau jumlah Barang tidak membatalkan atau mengurangi nilai Pinjaman, kecuali terdapat pembatalan Transaksi dan Pinjaman atau terdapat penyesuaian nilai Pinjaman sebagaimana dimaksud dalam Bagian E angka 1,2 dan 3 Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini. Penerima Pinjaman dapat menyampaikan keluhan atas Barang yang diterima olehnya langsung kepada Pedagang yang berkaitan dan/atau OVO.
    5. PEMBATALAN TRANSAKSI DAN PENGEMBALIAN LIMIT TERSEDIA
      1. Jika pesanan Barang belum dikonfirmasi oleh Pedagang dan terdapat pembatalan Transaksi oleh Pedagang, Nilai Transaksi yang dibatalkan tersebut akan dikembalikan ke Limit Tersedia dan Pinjaman secara otomatis dibatalkan.
      2. Jika pesanan Barang sudah dikonfirmasi oleh Pedagang namun Barang tidak diterima hingga estimasi waktu pengiriman yang telah ditentukan, Penerima Pinjaman dapat mengajukan pembatalan Transaksi dan klaim pengembalian Limit Tersedia kepada OVO melalui pusat resolusi. Setelah proses resolusi selesai maka Limit Tersedia akan dikembalikan dan Pinjaman secara otomatis dibatalkan.
      3. Jika pesanan Barang sudah dikonfirmasi oleh Pedagang namun pesanan Barang kurang atau tidak sesuai, rusak atau terdapat kendala pada biaya pengiriman dan harga Barang, Penerima Pinjaman dapat mengajukan klaim kepada OVO melalui pusat resolusi. Setelah proses resolusi selesai maka Limit Tersedia akan dikembalikan dan nilai Pinjaman akan disesuaikan (jika sebagian Barang tetap diterima oleh Penerima Pinjaman) atau Pinjaman akan otomatis dibatalkan (jika Barang dikembalikan seluruhnya kepada Pedagang), tergantung hasil resolusi.
      4. Jika terdapat pembayaran tagihan yang melebihi nilai total Pinjaman yang belum dibayar, maka selisih antara jumlah pembayaran tagihan tersebut dengan nilai total Pinjaman yang belum dibayar akan dimasukkan ke Saldo OVO Penerima Pinjaman.
      5. Seluruh pengembalian Kredit Limit ditentukan oleh pusat layanan pelanggan dan keputusan tersebut bersifat final
    6. PEMBAYARAN TAGIHAN
      1. Penerima Pinjaman akan mendapatkan tagihan dari Partner melalui Situs/Aplikasi pada tanggal 27 (dua puluh tujuh) setiap bulannya yang harus dibayarkan paling lambat pada tanggal 1 (satu) di bulan berikutnya.
      2. Tagihan akan disampaikan melalui [email Penerima Pinjaman, akun OVO PayLater Penerima Pinjaman atau akun Penerima Pinjaman pada Situs/Aplikasi]
      3. Penerima Pinjaman wajib melakukan pembayaran secara penuh dengan membayar seluruh jumlah tagihan yang tertera pada halaman tagihan.
      4. Penerima Pinjaman akan dikenakan Bunga Tunggakan dari tagihan tertunggak yang tidak dibayarkan penuh hingga batas waktu pembayaran (due date), termasuk tagihan yang belum dibayarkan penuh maupun sebagian oleh Penerima Pinjaman sebagaimana dimaksud dalam Angka 3 huruf b di atas.
      5. Penerima Pinjaman tidak dapat melakukan pembayaran melebihi jumlah tagihan.
      6. Pembayaran dapat dilakukan pada halaman tagihan maupun produk Angsuran Kredit* yang terdapat pada Situs/Aplikasi.
      7. Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan seluruh metode pembayaran yang terdapat pada Situs/Aplikasi, kecuali dengan metode pembayaran berbasis kredit, termasuk namun tidak terbatas pada Kartu Kredit.
      8. Para Pihak setuju bahwa segala kewajiban perpajakan dan/atau pungutan-pungutan lainnya yang timbul berdasarkan Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini akan menjadi beban masing-masing Pihak sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku di Republik Indonesia kecuali dengan tegas diatur sebaliknya dalam Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini.
        * Segera Hadir
    7. PENGELOLAAN AKUN OVO PAYLATER
      1. Partner berhak untuk melakukan pembekuan BMPP jika Penerima Pinjaman menggunakan OVO PayLater untuk melakukan transaksi yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku.
      2. Partner berhak untuk melakukan pemblokiran Pinjaman dan/atau BMPP jika diperintahkan oleh aparat atau pejabat pemerintah yang berwenang dan/atau sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
      3. Partner berhak untuk melakukan penahanan transaksi dan pembekuan BMPP Penerima Pinjaman jika Penerima Pinjaman melanggar Ketentuan Situs, termasuk namun tidak terbatas pada indikasi manipulasi transaksi OVO PayLater yang dilakukan oleh Penerima Pinjaman.
      4. Partner berhak untuk melakukan pembekuan BMPP jika Penerima Pinjaman tidak membayar tagihan pada hari kedua setelah tanggal jatuh tempo (due date).
      5. Jika Partner melakukan pembekuan BMPP, Penerima Pinjaman tidak dapat menggunakan OVO PayLater sebagai metode pembayaran di Situs/Aplikasi namun tetap dapat melakukan pembayaran tagihan sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman tagihan.
      6. Jika Partner melakukan pemblokiran, penghentian, dan/atau perubahan Pinjaman dan/atau BMPP, Penerima Pinjaman tidak dapat menggunakan OVO PayLater sebagai metode pembayaran di Situs/Aplikasi dan tidak dapat melakukan pembayaran tagihan yang tertera pada halaman tagihan.
      7. Penerima Pinjaman dengan ini menyatakan bahwa OVO dan Partner tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Penerima Pinjaman yang diakibatkan oleh kelalaian Penerima Pinjaman, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Penerima Pinjaman lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Penerima Pinjaman.
      8. Dalam hal adanya penyalahgunaan akun OVO PayLater Penerima Pinjaman oleh pihak lain selain Penerima Pinjaman, Penerima Pinjaman wajib segera memberitahukan melalui surat elektronik kepada Partner pada alamat email yang tertera pada Situs/Aplikasi.
      9. Setiap pertanyaan, permintaan, keluhan atau kepentingan penyampaian informasi apapun oleh Penerima Pinjaman terkait layanan OVO PayLater, wajib disampaikan melalui surat elektronik kepada alamat email Partner yang tertera pada Situs/Aplikasi.
      10. Atas pertanyaan atau keluhan Penerima Pinjaman, Partner akan melakukan verifikasi atas data Penerima Pinjaman. Partner berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau keluhan lebih lanjut, jika data Penerima Pinjaman tidak sesuai dengan data yang diadministrasikan oleh Partner.
      11. Partner akan memeriksa dan melakukan verifikasi atas pertanyaan dan keluhan Penerima Pinjaman dan menyampaikan tanggapannya sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku pada Partner setelah memperoleh penyampaian keluhan yang lengkap dari Penerima Pinjaman.
    8. PENGHENTIAN, PERUBAHAN, PENUTUPAN DAN/ATAU PENGHENTIAN OVO PAYLATER
      1. Partner dapat menghentikan atau membekukan fitur OVO PayLater yang diberikan kepada Penerima Pinjaman , dengan ketentuan sebagai berikut:
        1. Kerjasama OVO dan Partner telah berakhir;
        2. Penerima Pinjaman mengajukan penghentian pemakaian OVO PayLater;
        3. Keterangan, pernyataan, data serta jaminan yang diberikan oleh Penerima Pinjaman terbukti palsu atau tidak benar;
        4. Penerima Pinjaman terlibat penipuan dan/atau transaksi yang mencurigakan; atau
        5. Penerima Pinjaman melanggar isi Ketentuan Situs
        6. Penerima Pinjaman gagal untuk memenuhi kewajiban pembayaran dan/atau melanggar ketentuan Perjanjian Pemberian Pinjaman.
        7. Berdasarkan penilaian/review Partner
      2. Penghentian fitur OVO PayLater tidak menghilangkan kewajiban pembayaran yang tertunggak oleh Penerima Pinjaman.
      3. Dalam hal terjadi pembekuan fitur OVO PayLater seluruh kewajiban pembayaran yang tertunggak oleh Penerima Pinjaman maupun kewajiban lain yang ada harus dilunasi secara langsung kepada Partner.
      4. Partner berhak melakukan perubahan pada Biaya Admin, Bunga Tunggakan, Bunga Bulanan pada akun OVO Paylater Pengguna dan/atau biaya-biaya lainnya yang dapat ditentukan oleh Partner, sesuai dengan kebijakan Partner.
      5. Seluruh kewajiban pembayaran yang tertunggak oleh Pengguna harus dilunasi kepada Partner sesuai dengan termin yang telah ditetapkan oleh Partner.
    9. KETENTUAN LAIN-LAIN
      1. Pernyataan dan Jaminan Penerima Pinjaman Penerima Pinjaman, selama Penerima Pinjaman menggunakan layanan OVO PayLater, menyatakan dan menjamin bahwa:
        1. Penerima Pinjaman adalah Warga Negara Republik Indonesia dan tunduk secara sah pada hukum Republik Indonesia, yang merupakan orang perseorangan yang cakap menurut hukum, yakni telah berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian;
        2. Seluruh fakta, data, informasi, dokumen dan keterangan yang diberikan untuk mendapatkan BMPP dan Pinjaman adalah benar, akurat dan lengkap;
        3. Penerima Pinjaman telah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini dan Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini merupakan suatu kewajiban hukum yang sah dan mengikat Penerima Pinjaman; dan
        4. Segala hubungan hukum terkait dengan Barang yang dibeli oleh Penerima Pinjaman dari Pedagang berdasarkan Transaksi adalah hubungan hukum antara Penerima Pinjaman dengan Pedagang. Oleh karena itu, segala hal sehubungan dengan kualitas Barang merupakan tanggung jawab dari Pedagang.
      2. Partner berhak untuk melakukan perubahan fitur seperti jangka waktu, pembayaran minimum, kredit limit, dan fitur-fitur lainnya sesuai dengan kebijakan partner atau menghentikan layanan OVO PayLater kepada Penerima Pinjaman apabila terjadi Keadaan Kahar. Keadaan Kahar termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, wabah, pandemi, kebakaran, mogok kerja, demonstrasi, dan permintaan dari otoritas yang berwenang untuk menghentikan layanan serta peristiwa atau kejadian lain yang terjadi di luar kekuasaan Partner. Untuk menghindari keraguan dan sepanjang dimungkinkan berdasarkan hukum yang berlaku Keadaan Kahar tidak akan mengecualikan segala kewajiban pembayaran Penerima Pinjaman berdasarkan Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini.
      3. Apabila satu atau lebih ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini menjadi tidak berlaku, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan dalam cara apa pun menurut hukum yang berlaku, maka hal tersebut tidak akan mempengaruhi keabsahan, keberlakuan, dan dilaksanakannya ketentuan-ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini.
      4. Para Pihak dengan ini setuju untuk mengesampingkan ketentuan-ketentuan dalam Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sepanjang terkait dibutuhkannya persetujuan atau keputusan pengadilan untuk mengakhiri Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini.
      5. Pelaksanaan Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini mengacu dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia. Setiap dan semua sengketa yang timbul dari penggunaan layanan OVO PayLater dan Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini tunduk pada yurisdiksi eksklusif dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
      6. Para Pihak dengan ini menyatakan bahwa tidak ada instansi Pemerintah Republik Indonesia, termasuk namun tidak terbatas kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang bertanggung jawab atas segala risiko kredit dan/atau gagal bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan pemberian Pinjaman dan/atau BMPP.
      7. Seluruh informasi yang tertera dalam halaman fitur OVO PayLater di Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada informasi mengenai sejarah Transaksi, jumlah Pinjaman, Biaya Layanan, dan profil Penerima Pinjaman, merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini.
      8. Syarat dan Ketentuan OVO PayLater ini disepakati dengan menggunakan persetujuan elektronik sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jika diprasyaratkan lebih lanjut oleh hukum atau kebijakan otoritas terkait, Partner dan Penerima Pinjaman sepakat akan menggunakan metode tanda tangan elektronik yang diprasyaratkan dan segala biaya yang timbul dari padanya akan ditanggung oleh Penerima Pinjaman.